KEGIATAN ORGANISASI

PENGGALANGAN DANA

UNTUK KORBAN MUSIBAH BENCANA ALAM

P.MENTAWAI – SUMBAR

GUNUNG MERAPI – JOGYAKARTA

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

DPC PEJUANG SILIWANGI INDONESIA KABUPATEN KARIMUN – STIE CAKRAWALA TG.BALAI KARIMUN DALAM PROGRAM PENGGALANGAN DANA UNTUK MUSIBAH
P.MENTAWAI (SUMBAR) DAN G.MERAPI (JOGYAKARTA)

PENDAHULUAN

Assalamu’alaikum wr.wb

Alhamdulillah wasyukurillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-NYA maka program kegiatan tersebut dapat kami laksanakan dan terselesaikan dengan baik. Tak lupa shalawat serta salam kami panjatkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW. Beserta keluarga, sahabat dan umatnya sampai akhir zaman.

Jumlah dan tingkat keparahan bencana semakin meningkat di Indonesia sebagai akibat dari meningkatnya populasi, urbanisasi yang pesat dan perubahan cuaca yang ekstrim. Kombinasi isu perubahan cuaca, urbanisasi, perencanaan penggunaan lahan yang buruk dan penggunaan sumber alam yang berlebihan semakin meningkatkan dampak dari bencana alam.

DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Karimun bersama mahasiswa-mahasiswi STIE Cakrawala dan Pemuda Pancasila kabupaten Karimun, melaksanakan aksi peduli kemanusian untuk saudara-saudara kita yang mendapat musibah bencana alam (P. Mentawai-Sumbar dan G. Merapi-Jogyakarta).

Aksi kepedulian kemanusiaan ini adalah sebagai bentuk solidaritas antar sesama anak bangsa dan meringankan beban penderitaan mereka yang saat ini ditimpa musibah. Alhamdulillah dalam masa pelaksanaan empat hari dana yang terhimpun sekitar Rp 19.000.000,- (Sembilan Belas Juta Rupiah).

Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Karimun yang telah ditunjuk sebagai KORLAP (Koodinator Lapangan) wilayah meral-karimun telah menyebarkan petugas penggalangan dana berdasarkan jumlah titik strategis yang telah ditentukan dengan lengkap atribut masing-masing uniform berikut kardus kotak sebagai tempat penyimpanan dana penggalangan kemanusiaan.

Aksi kepedulian kemanusiaan (penggalangan dana) ini dilepas oleh Bupati Karimun H. Nurdin Basirun di lapangan rumah kediaman dinas Bupati Karimun pada Tanggal 02 November 2010.

DASAR PEMIKIRAN

Konsep berderma lewat mekanisme seperti beramal, hal ini bukan semata-mata karena kesadaran nasionalisme akan tetapi juga karena dorongan ajaran agama. Potensi lainya yang juga biasa digunakan untuk menggalangkan dana adalah tradisi atau budaya yang berkaitan dengan budaya Nusantara. Kedermawanan social merupakan sebuah gerakan dari manusia oleh manusia untuk manusia dan demi kemanusiaan, dimana semuanya itu terkait dalam sebuah arti Kepedulian Social.

Kedemawanan dan Kepedulian adalah nilai-nilai yang sangat asazi dalam hidup manusia karena dalam suatu bentuk peduli kepada manusia, serta dalam bentuk peduli inilah manusia pertamakali diciptakan. Kegiatan kesosialan atau aksi social yang biasa timbul dari konteks kedemawanan ini seperti dalam bentuk dimensi moral sadar akan berderma/menyumbang, yang memiliki rasa tanggung jawab dan kepedulian kemanusian.

MAKSUD DAN TUJUAN

     I.       MAKSUD

Program kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan tali persaudaraan antara Pengurus dan Anggota DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Karimun dengan konsep kepedulian antar sesama serta mampu mengorganisir sumber daya dana secara optimal untuk digunakan selanjutnya bagi korban bencana alam P. Mentawai ( Sumbar ) dan Gunung Merapi ( Jogyakarta ).

    II.       TUJUAN

Program ini bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana alam yang sangat memerlukan bantuan finansial.

PESERTA/PETUGAS/PANITIA PELAKSANA KEGIATAN

1. KORLAP (Koordinator Lapangan) Wilayah Meral Karimun

Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Karimun

2. Mahasiswa – Mahasiswi STIE Cakrawala Tanjung Balai Karimun

3. Pengurus dan Anggota DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Karimun

4. Anggota Pemuda Pancasila (P.P) Kabupaten Karimun

TEMA KEGIATAN : “Penggalangan Dana Musibah Bencana Alam Untuk Pulau Mentawai (Sumbar) Dan G. Merapi (Jogyakarta)”

TGL KEGIATAN :
2 November 2010 s/d 5 November 2010

WAKTU KEGIATAN :
Pagi dan Malam Hari

TEMPAT KEGIATAN :
Wilayah Kecamatan Meral Tanjung Balai Karimun (sarana umum/public (elemen masyarakat), instansi serta pengusaha.

DANA YANG TERHIMPUN :
Lebih kurang 19 Juta Rupiah ( Sembilan Belas Juta Rupiah )

EFRIZAL TANJUNG

KETUA DPC PEJUANG SILIWANGI INDONESIA KABUPATEN KARIMUN

7 Novenber 2010

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar

  • SEKRETARIAT

  • BPK RI

  • FORUM INTELIJEN

  • PERTAHANAN DAN KEAMANAN